Sabtu, 30 April 2011

Asal- usul nenek moyang orang Papua

dari mana asal nenek moyang orang papua?. menurut para ahli, nenek moyang orang papua berasal dari Ras Austroloid (australia) dan Ras Negroid (africa) yang kemudian ditandai dengan ras melanesia. Ras itu sendiri menurut para ahli diturunkan secara genetik yang akan membedakan satu kelompok dengan kelompok yang lain. Menurut Ralph Linton terdapat 4 ras besar di dunia, antara lain.

No.
Ras Utama
Sub Ras
Domisili
Ciri
Keterangan
1.
Ras Mongoloid
·      Mongoloid Tenggara (Malayan Mongoloid)
·      Mongoloid Siberia Selatan
·      Mongoloid Asia Timur (Classic Mongoloid)
·      Mongoloid Asia Utara
·      Mongoloid Kutub
·      Mongoloid Amerika

Asia Utara, Asia Timur, Asia Tenggara, Madagaskar (lepas pantai timur Afrika), beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oseania.
-     Berambut hitam lurus
-     Mempunyai tanda lahir (memar kebiruan pada bayi)
-     Mempunyai lipatan pada mata yang disebut mata sipit
-     Kulit kuning sampai sawo matang
-     Bulu badan sedikit

Ras Mongoloid diambil dari nama Mongolia dimana sebagian besar berkulit kuning. Sehingga ras ini sering disebut pula ras ”kulit kuning”.
Tapi seperti orang Indian di Amerika berkulit merah bahkan orang Asia Tenggara berkulit coklat muda sampai coklat gelap.

2.
Ras Kaukasoid
·      Indo-Iranian
·      Mediteranian
·      Alpin
·      Nordik
·      Baltik
·      Uralik
·      Armenik
·      Dinarian

Sebagian besar Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara.
Keturunannya menetap di daerah Australia, Amerika Utara, Sebagian Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan Selandia Baru.

-     Hidung Mancung
-     Kulit pulit
-     Rambut pirang sampai coklat kehitaman
-Kelompok mata lurus
Ras Kaukasoid disebut dengan ras ”kulit putih” tetapi orang Somalia dan Etiopia meskipun termasuk dalam ras Kaukasoid tetapi memiliki kulit hitam dan lebih mirip ras Negroid.

3.
Ras Negroid
·     Negroid Umum
·      Nilote
·      Negrito
·      Melanesian

Benua Afrika di sebelah selatan Gurun Sahara. Keturunannya mendiami daerah Amerika Utara, Selatan, Eropa, dan Timur Tengah.

-  Berkulit hitam
-  Tinggi
-Berambut Keriting
-  Bibir tebal
- Kelopak mata lurus


4.
Ras Austroloid
·Austroloid Khusus
·  Weddoid

India, Sri Lanka, beberapa kelompok di Asia Tenggara, Papua, Kepulauan Melanesia, dan Australia.
-Berambut hitam
-Keriting
-Berkulit Hitam

Tetapi untuk suku Aborigin (Australia) berambut pirang dan lurus.
Orang Malaysia berkulit cenderung putih.



Ras Austroloid
Ras ini berpusat di Australia dan menyebar ke papua ribuan tahun yang lalu. Persebaran ke Papua inipun dilakukan melalui darat sebab saat itu papua masih bersatu dengan benua Australia perkembangannya daratan yang menjadi lautan disebut paparan sahul.

Ras Negroid
Perkembangan selanjutnya pada tahun 2000 SM mulai terjadi migrasi/ perpindahan ras dari ras negroid. Ciri dari ras berkulit hitam, bertubuh tinggi, dan berambut keriting. Ras ini datang ini dari Afrika.

pada perkembangan selanjutnya ras austroloid menyebar dipulau-pulua kecil di Papua dan Maluku. sedangkan Ras Negroid menyebar di seantero pegunungan dan dataran tinggi Papua.

8 komentar:

  1. Kalau kita perhatikan orang aceh, batak, padang, jawa, bali, NTT, NTB, Maluku, yang belum tercampur dengan suku lain terutama yang masih dipedalaman ada kemiripan dengan papua yaitu kulit gelap sampai hitam, mata hitam bibir tebal. Hanya dari kelompok etnis melayu, bugis, lampung, dayak, dan sunda yang berkulit lebih terang sampai putih. Kemungkinan besar penduduk asli papua adalah orang negro afrika yang masih murni, sedang selain papua sudah merupakan blasteran ras mongolid dan semit dan hindia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. sunda sama jawa sama aja,masalah kulit gelap terangnya relatif,orang yang kerjanya di sawah ya jelas gelap kulitnya,masalah bibir tebel itu relatif juga,orang asia,bahkan eropa itu juga ada yang bibir tebel,mata juga relatif mau orang sunda dan jawa (sebut saja manusia jawa) asli sekalipun punya keragaman bentuk mata,sipit,sedang,besar,bahkan di dieng saya banyak liat orang yang punya ciri fisik kayak orang tibet dan mongol,kulitnya cerah,mata sipit,pipi kemerahan (ciri orang pegunungan dan sub tropis),semua relatif,ada yang kulit putih matanya besar,ada yang kulit gelap matanya sipit,ada yang kulitnya cerah matanya sipit,ada yang kulit gelap mata besar tapi bibir tipis,yang saya omongkan ini ciri suku sunda dan jawa yang sering saya lihat,bukan orang kota,tapi di desa dan daerah2 terpencil

      tapi saya setuju Indonesia,berasal dari banyak bangsa mungkin kedatangannya dari awal2 masehi ato bahkan sebelum masehi,yang udah melalui sejarah panjang sampe membentuk sebuah sub ras baru

      Hapus